Sabtu, 05 November 2011

wawasan meditasi buddhis

Buddha berkata pada Wacana pada Pernapasan Pernapasan Dalam dan Keluar:Para bhikkhu, kesadaran dari nafas-masuk dan keluar-bernapas ketika dikembangkan sehingga, membuat banyak demikian, membawa ke pemenuhan empat aplikasi dari kesadaran.
Dan bagaimana, para bhikkhu, ketika empat aplikasi dari kesadaran telah dikembangkan, bagaimana ketika mereka telah membuat banyak, apakah mereka membawa ke pemenuhan ... tujuh link di kebangkitan? Pada saat itu, para bhikkhu, ketika seorang bhikkhu merenungkan nasib di sepanjang tubuh dalam tubuh, tekun, jelas sadar (dari itu), sadar (dari itu) sehingga untuk mengendalikan ketamakan dan kekesalan di dunia, pada waktu yg tdk kacau, kesadaran yang terangsang dalam dirinya. Pada saat itu, para bhikkhu, ketika unmuddled mindfulness adalah membangkitkan di biarawan, pada waktu link dalam kebangkitan kesadaran yang diaduk di dalam sang bhikkhu; pada saat itu bhikkhu mengembangkan link dalam kebangkitan yang kesadaran, pada saat itu link dalam kebangkitan kesadaran yang datang ke pemenuhan pembangunan di biarawan. Dia, bersama sadar nasib demikian, meneliti, bertanya ke dalam, membawa hal ini ke depan untuk penyelidikan dengan cara kebijaksanaan, pada waktu link dalam kebangkitan yang penyelidikan hal-hal yang diaduk di dalam sang bhikkhu; pada saat itu bhikkhu mengembangkan link dalam kebangkitan yang penyelidikan hal; pada waktu itu link dalam kebangkitan yang penyelidikan hal-hal datang ke pemenuhan pembangunan di biarawan.
Sementara ia sedang memeriksa, menyelidiki, membawa ke depan ini untuk investigasi dengan cara kebijaksanaan, unsluggish energi diaduk dalam dirinya. Pada saat itu, para bhikkhu, ketika unsluggish energi diaduk dalam seorang bhikkhu yang sedang memeriksa, menyelidiki, membawa hal ini ke depan untuk penyelidikan dengan cara kebijaksanaan, pada waktu link dalam membangkitkan energi yang diaduk di dalam sang bhikkhu; pada saat itu bhikkhu mengembangkan link dalam kebangkitan yang energi; pada waktu itu link dalam membangkitkan energi yang datang ke pemenuhan pembangunan di biksu itu.
Ketika ia telah membangkitkan energi pengangkatan muncul tanpa cela. Pada saat itu, para bhikkhu, ketika pengangkatan bercela muncul dalam biksu dari membangkitkan energi, pada waktu link dalam kebangkitan yang pengangkatan diaduk dalam bhikkhu itu; pada saat biarawan berkembang link dalam kebangkitan yang pengangkatan; di waktu link dalam kebangkitan yang pengangkatan datang ke pemenuhan pembangunan di biarawan. Tubuh satu yang pikirannya raptuous adalah ditenangkan dan pikiran adalah ditenangkan. Pada saat itu, para bhikkhu, ketika kedua tubuh seorang bhikkhu yang pikirannya raptuous adalah ditenangkan dan pikiran adalah ditenangkan, pada waktu itu link dalam membangkitkan ketenangan yang diaduk dalam sang bhikkhu; pada saat itu bhikkhu mengembangkan link di kebangkitan yang ketentraman; pada waktu itu link dalam membangkitkan ketenangan yang datang ke pemenuhan pembangunan di biarawan.
Pikiran satu yang tubuhnya tenang dan santai terkonsentrasi. Pada saat itu, para bhikkhu, ketika pikiran terkonsentrasi pada seorang bhikkhu yang tubuhnya tenang dan santai, pada waktu itu link dalam kebangkitan yang konsentrasi diaduk dalam sang bhikkhu; pada saat itu bhikkhu mengembangkan link dalam kebangkitan yang konsentrasi; pada waktu itu link dalam kebangkitan yang datang ke pemenuhan konsentrasi pembangunan di biarawan. Dia adalah salah satu yang terlihat pada dengan perawatan yang tepat pada pemikiran terkonsentrasi sehingga.
Pada saat itu, para bhikkhu, ketika seorang biksu tampak pada dengan perawatan yang tepat pada pikiran terkonsentrasi dengan demikian, pada waktu itu link dalam kebangkitan yang ketenangan batin merupakan sttired di sang bhikkhu; pada saat itu bhikkhu mengembangkan link dalam kebangkitan yang tenang ; pada waktu itu link dalam kebangkitan yang tenang datang ke pemenuhan pembangunan di biarawan.
Pada saat itu, para bhikkhu, ketika seorang bhikkhu merenungkan nasib sepanjang perasaan dalam perasaan .. pikiran dalam pikiran ... negara mental dalam keadaan mental, tekun, jelas sadar (dari mereka), sadar (dari mereka) sehingga untuk mengendalikan ketamakan dan kekesalan di dunia, saat itu perhatian unmuddled yang terangsang dalam dirinya ... (Seperti di atas) .... pada waktu itu link dalam kebangkitan yang tenang datang ke pemenuhan pembangunan di biarawan.
Para bhikkhu, empat aplikasi kesadaran, ketika dikembangkan sehingga, membuat banyak demikian, membawa ke pemenuhan tujuh link di bangun.
Dan bagaimana, para bhikkhu, ketika tujuh link dalam kebangkitan dikembangkan, bagaimana ketika mereka membuat banyak, apakah mereka membawa ke pemenuhan kebebasan melalui pengetahuan? Di sini, para bhikkhu, seorang bhikkhu mengembangkan link dalam kebangkitan yang perhatian dan tergantung pada sikap acuh tak acuh, tergantung pada detasemen, tergantung pada penghentian, berakhir pada meninggalkan, dia mengembangkan link dalam kebangkitan yang penyelidikan hal-hal ... link dalam kebangkitan yang adalah energi ... link dalam kebangkitan yang pengangkatan ... link dalam kebangkitan yang ketenangan ... link dalam kebangkitan yang konsentrasi ... link dalam kebangkitan yang tenang dan tergantung pada sikap acuh tak acuh, tergantung pada detasemen, tergantung pada penghentian, berakhir dengan meninggalkan. Para bhikkhu, ketika tujuh link dalam kebangkitan dikembangkan dengan demikian, membuat banyak demikian, mereka membawa ke pemenuhan kebebasan melalui pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar