Minggu, 13 November 2011

Bermeditasi dengan baik dan benar

Hanya Meditasi Benar sajalah yang bisa ...

Sejauh meditasi luarbiasa penting, h...endaklah sejak awal kita mendekatinya dengan benar. Cara yang benar membuahkan akhir yang benar; hasil akhir adalah caranya. Cara yang salah menghasilkan hasil akhir yang salah; tak pernah ada cara yang salah mendatangkan hasil akhir yang benar.

Dengan membunuh yang lain, akankah kalian menghadirkan toleransi dan kasih-sayang?

Hanya meditasi benar sajalah yang bisa menghadirkan pemahaman yang benar pula.

Adalah penting bagi sang meditator untuk memahami dirinya sendiri, bukan objek-objek meditasinya, sebab sang meditator dan meditasinya itu satu adanya, tidak terpisah. Tanpa memahami diri sendiri meditasi menjadi suatu proses hipnosis-diri pembangkit pengalaman-pengalaman sesuai keterkondisian dari yang bersangkutan, sesuai dengan kepercayaan dari yang bersangkutan.

Si pemimpi mesti memahami dirinya sendiri, bukan impian-impiannya; ia mesti bangun dan mengakhiri mimpinya itu. Apabila sang meditator mencari suatu hasil akhir, suatu hasil tertentu, maka ia akan menghipnotis dirinya sendiri menggunakan keinginanya itu. Meditasi seringkali [menjadi] sebuah proses hipnosis-diri; ini bisa saja menghasilkan sebentuk hasil tertentu, akan tetapi meditasi serupa itu tak akan pernah menghadirkan kecerahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar