Kisah Api
bekerjanya Alam, dan karena ketekunan dan percobaan-
percobaannya, akhirnya ia menemukan bagaimana api diciptakan.
Orang itu bernama Nur. Ia memutuskan untuk berkelana dari satu
negeri ke lain negeri, menunjukkan kepada rakyat banyak tentang
penemuannya.
Nur menyampaikan rahasianya itu kepada berbagai-bagai kelompok
masyarakat. Beberapa di antaranya ada yang memanfaatkan
pengetahuan itu. Yang lain mengusirnya, mengira bahwa ia mungkin
berbahaya, sebelum mereka mempunyai waktu cukup untuk
mengetahui betapa berharganya penemuan itu bagi mereka.
Akhirnya, sekelompok orang yang menyaksikannya memamerkan
cara pembuatan api menjadi begitu ketakutan sehingga mereka
menangkapnya dan kemudian membunuhnya, yakin bahwa ia setan.
Abad demi abad berlalu. Bangsa pertama yang belajar tentang api
telah menyimpan rahasia itu untuk para pendeta, yang tetap
berada dalam kekayaan dan kekuasaan, sementara rakyat
kedinginan.
Bangsa kedua melupakan cara itu, dan malah memuja alat-alat
untuk membuatnya. Bangsa yang ketiga memuja patung yang
menyerupai Nur, sebab ialah yang telah mengajarkan hal itu. Yang
keempat tetap menyimpan kisah api dalam kumpulan dongengnya:
ada yang percaya, ada yang tidak. Bangsa yang kelima benar-benar
mempergunakan api, dan itu bisa menghangatkan mereka, menanak
makanan mereka, dan mempergunakannya untuk membuat alat-alat
yang berguna bagi mereka.
Setelah berpuluh-puluh tahun lamanya, seorang bijaksana dan
beberapa pengikutnya mengadakan perjalanan melalui negeri-negeri
bangsa-bangsa tadi. Para pengikut itu tercengang melihat
bermacam-macamnya upacara yang dilakukan bangsa-bangsa itu;
dan mereka pun berkata kepada gurunya, "Tetapi semua kegiatan
itu nyatanya berkaitan dengan pembuatan api, bukan yang lain.
Kita harus mengubah mereka itu!"
Sang Guru menjawab, "Baiklah. Kita akan memulai lagi perjalanan
ini. Pada akhir perjalanan nanti, mereka yang masih bertahan akan
mengetahui masalah kebenarannya dan bagaimana mendekatinya."
Ketika mereka sampai pada bangsa yang pertama rombongan itu
diterima dengan suka hati. Para pendeta mengundang mereka
menghadiri upacara keagamaan, yakni pembuatan api. Ketika
upacara selesai, dan bangsa itu sedang mengagumi apa yang
mereka saksikan, guru itu berkata, "Apa ada yang ingin
mengatakan sesuatu?"
Pengikut pertama berkata, "Demi Kebenaran, saya merasa harus
menyampaikan sesuatu kepada rakyat ini."
"Kalau kau mau melakukannya atas tanggungan sendiri, silahkan
saja," kata gurunya.
Dan pengikut pertama itupun melangkah ke muka kehadapan
pemimpin bangsa dan para pendeta itu, lalu katanya, "Aku bisa
membuat keajaiban yang kalian katakan sebagai perwujudan
kekuatan dewa itu. Kalau aku kerjakan hal itu, maukah kalian
menerima kenyataan bahwa bertahun-tahun lamanya kalian telah
tersesat?"
Tetapi para pendeta itu berteriak, "Tangkap dia!" dan orang itu pun
dibawa pergi, tak pernah muncul kembali.
Para musafir itu melanjutkan perjalanan, dan sampai di negeri
bangsa yang kedua dan memuja alat-alat pembuatan api. Ada lagi
seorang pengikut yang memberanikan diri mencoba menyehatkan
akal bangsa itu.
Dengan izin gurunya ia berkata, "Saya mohon izin untuk berbicara
kepada kalian semua sebagai bangsa yang berakal. Kalian memuja
alat-alat untuk membuat sesuatu, dan bukan hasil pembuatan itu.
Dengan demikian kalian menunda kegunaannya. Saya tahu
kenyataan yang mendasari upacara ini."
Bangsa itu terdiri dari orang-orang yang lebih berakal. Tetapi
mereka berkata kepada pengikut kedua itu, "Saudara diterima baik
sebagai musafir dan orang asing di antara kami. Tetapi, sebagai
orang asing, yang tak mengenal sejarah dan adat kami, Saudara
tak memahami apa yang kami kerjakan. Saudara berbuat
kesalahan. Barangkali Saudara malah berusaha membuang atau
mengganti agama kami. Karena itu kami tidak mau mendengarkan
Saudara."
Para musafir itu pun melanjutkan perjalanan.
Ketika mereka sarnpai ke negeri bangsa ke tiga, mereka
menyaksikan di depan setiap rumah terpancang patung Nur, orang
pertama yang membuat api. Pengikut ketiga berkata kepada
pemimpin besar itu.
"Patung itu melambangkan orang, yang melambangkan kemampuan,
yang bisa dipergunakan."
"Mungkin begitu," jawab para pemuja Nur, "tetapi yang bisa
menembus rahasia sejati hanya beberapa orang saja."
"Hanya bagi beberapa orang yang mau mengerti, bukan bagi
mereka yang menolak menghadapi kenyataan," kata pengikut ketiga
itu.
"Itu bid'ah kepangkatan, dan berasal dari orang yang bahkan tak
bisa mempergunakan bahasa kami secara benar, dan bukan
pendeta yang ditahbiskan menurut adat kami," kata pendetapendeta
itu. Dan pengikut darwis itupun bisa melanjutkan
usahanya.
Musafir itu melanjutkan perjalanannya, dan sampai di negeri bangsa
keempat. Kini pengikut keempat maju ke depan kerumunan orang.
"Kisah pembuatan api itu benar, dan saya tahu bagaimana
melaksanakannya," katanya.
Kekacauan timbul dalam bangsa itu, yang terpecah menjadi
beberapa kelompok. Beberapa orang berkata, "Itu mungkin benar,
dan kalau memang demikian, kita ingin mengetahui bagaimana
cara membuat api." Ketika orang-orang ini diuji oleh Sang Guru dan
pengikutnya, ternyata sebagian besar ingin bisa membuat api untuk
kepentingan sendiri saja, dan tidak menyadari bahwa bisa
bermanfaat bagi kemajuan kemanusiaan. Begitu dalamnya dongengdongeng
keliru itu merasuk ke dalam pikiran orang-orang itu
sehingga mereka yang mengira dirinya mewakili kebenaran sering
merupakan orang-orang yang goyah, yang tidak akan juga
membuat api bahkan setelah diberi tahu caranya.
Ada kelompok lain yang berkata, "jelas dongeng itu tidak benar.
Orang itu hanya berusaha membodohi kita, agar ia mendapat
kedudukan di sini."
Dan kelompok lain lagi berkata, "Kita lebih suka dongeng itu tetap
saja begitu, sebab ialah menjadi dasar keutuhan bangsa kita. Kalau
kita tinggalkan dongeng itu, dan kemudian ternyata penafsiran baru
itu tak ada gunanya, apa jadinya dengan bangsa kita ini?"
Dan masih banyak lagi pendapat di kalangan mereka.
Rombongan itu pun bergerak lagi, sampai ke negeri bangsa yang
kelima; di sana pembuatan api dilakukan sehari-hari, dan orangorang
juga sibuk melakukan hal-hal lain.
Sang Guru berkata kepada pengikut-pengikutnya, "Kalian harus
belajar cara mengajar, sebab manusia tidak ingin diajar. Dan
sebelumnya, kalian harus mengajar mereka bahwa masih ada saja
hal yang harus dipelajari. Mereka membayangkan bahwa mereka
siap belajar. Tetapi mereka ingin mempelajari apa yang mereka
bayangkan harus dipelajari, bukan apa yang pertama-tama harus
mereka pelajari. Kalau kalian telah mempelajari ini semua, kalian
baru bisa mengatur cara mengajar. Pengetahuan tanpa kemampuan
istimewa untuk mengajarkannya tidak sama dengan pengetahuan
dan kemampuan."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar