Kamis, 01 Desember 2011

MY NOTE

Nilai-nilai luhur

by Shen Fuk Ming on Thursday, December 1, 2011 at 3:10am
Bagi saya pancasila itu ibarat buku pedoman manual bangsa indonesia untuk mencapai cita cita masyarakat adil dan makmur.
Karna indonesia merupakan negara yg luas dan didiami oleh beranekaragaman baik adat istiadat, suku, budaya dan kepercayaan.
Keberagaman inilah merupakan suatu kekayaan dan juga suatu KEKUATAN.

Maka dari itu di perlukan sebuah unsur perekat yg universal yakni unsur kepercayaan akan adanya tuhan ( Ketuhanan sila yang 1)

Jika kita sepakat dan menyakini adanya tuhan maka kita akan menghargai keberagaman karna keberagaman terjadi karna keinginan tuhan. Walaupun kita beragam namun pada dasarnya kita sama yaitu MANUSIA, ketika kita sudah mampu menghormati sesama manusia maka kita akan menjadi manusia yg BERADAB ( sila 2 )

Ketika kita sudah tidak membeda2kan manusia dan sudah menjadi manusia beradab maka otomatis tercipta PERSATUAN ( sila 3 )

Dari persatuan inilah tercipta dan melahirkan manusia2 yang BIJAK. ( Sila 4 )

Dan Manusia bijak tentunya berlaku adil pada siapa saja, sehingga tercapailah masyarakat yg adil dan makmur ( sila 5 )

Visioner kita zaman dulu bisa memikirkan pandangan yang luas dan jauh kedepan, kog zaman skrg kita sering menjumpai banyak oknum2 yg mengatasnamakan sesuatu dan mengagungkan sesuatu dan merendahkan yg lain..
Saatnya dgr kata Ebiet G Ade ( coba tanya pada rumput yang bergoyang ) di sini kalian dapat jawabannya.. ( Kalian sadar rumput takkan kasih jawaban itulah secara tidak sadar kita temukan jawabannya yakni KESADARAN DIRI )

Xorry tidak ada unsur apapun, hanya sekedar berbagi buat saling belajar memahami hidup..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar