Rabu, 26 Oktober 2011

Dua raja

Dua Raja
Penulis : Samuel Tan
Jumat, 14-Januari-2011




Komitmen untuk dapat memberikan pelayanan yang tulus dan sebaik-baiknyalah yang mungkin melahirkan sebuah kalimat perumpamaan bahwa "Pembeli adalah raja".
Bertahun-tahun yang lalu, saya sangat meyakini kebenarannya, hingga saya merasa bahwa bisnis yang "berat sebelah" seperti ini dalam kenyataannya juga menghadapi tantangan yang tidak mudah dan tidak pula sederhana untuk dapat berhasil.

Anggapan seperti ini bisa menumbuhkan sikap arogansi dari pihak pembeli, baik pada saat negosiasi maupun saat membina hubungan bisnis.

Beberapa tahun lamanya berada dalam dunia bisnis, saya pun mulai mengubah sikap dan pendirian saya, dan saya memulai dengan sebuah paradigma baru bahwa hubungan penjual-pembeli seharusnya seperti 2 (dua) orang raja yang saling bertukar "cindera mata"; suasana yang terbangun akrab, sikap yang saling menghargai, rileks dan siapa sih penjual yang tidak tertekan kalau posisinya seolah harus rela berada "di bawah" sang pembeli.

Perlahan namun pasti, perubahan mulai terjadi, saya meyakinkan semua pelanggan saya bahwa kalau mereka tidak merasakan manfaat berbisnis dengan saya sebagai mitra bisnis yang saling menguntungkan, maka sebaiknya mereka tidak menghubungi saya lagi.

Demikian juga saya - saya jadi memiliki sikap dan keteguhan tanpa arogansi kalau seorang pembeli sudah "terlalu banyak maunya" dan hanya membuang energi dan waktu saya - saya akan memberikan advis padanya kalau sebaiknya dia mencari penjual yang lainnya saja.

Business Warriors yang perkasa!

Tegakan panji bisnis Anda hari ini, temui pelanggan Anda dengan paradigma baru bahwa hubungan bisnis mulai hari ini akan dibangun dengan prinsip kesetaraan kepentingan yang sama dan saling menguntungkan.

Sebagaimana 2 (dua) orang Raja yang bertemu dan saling bertukar "Cindera Mata".

Semoga bermanfaat - Salam Sukses Selalu

(By: Samuel Tan - www.stantutorial.wordpress.com)

Samuel Tan adalah seorang Negosiator Bisnis, Konsultan pelatihan Salesmanship dan penulis buku "Zaman Sekarang Cari Kerja Itu Gampang"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar